Minggu, 20 Oktober 2013

Materi matematika kelas 2 sd

Materi untuk Pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah, meliputi:
1.      Menggunakan Alat Ukur Waktu dengan Satuan Jam
a.            Membaca dan menentukan tanda waktu
Perhatikan gambar di samping mengenai cara membaca dan menulis jam.

Jarum pendek menunjuk angka 1
Jarum panjang menunjuk angka 12
dibaca pukul 1

 



Jarum pendek menunjuk angka 7
Jarum panjang menunjuk angka 12
dibaca pukul 7

b.            Menuliskan tanda waktu
Setiap gambar menunjukkan tanda waktu



ria bangun tidur pukul …

 








ria dan ardi pulang sekolah pukul ..
 









tina belajar di rumah pukul …
c.            Menentukan lama waktu
verina gemar membaca
ia sangat rajin belajar
ia belajar setiap hari
ia belajar mulai pukul 6 sore
selesai belajar pukul 8 malam
berapa jam verina belajar
mari kita hitung lamanya verina belajar
dari pukul 6 sampai pukul 8
jarum pendek bergerak dua langkah
jadi lamanya belajar 2 jam

Contoh latihan:
1.      Ruli latihan renang pada sore hari ,ia berenang mulai pukul 4 sore sampai pukul 5 sore, Ruli latihan renang selama … jam.

2.      Ibu memasak mulai pukul 9 pagi selesai pukul 11 siang, ibu memasak selama … jam.


3.      Pak tani bekerja mulai pukul 8 pagi pulang pukul 2 siang, pak tani bekerja selama … jam.

4.      Pak dokter mulai praktik pukul 5 sore dan berakhir pukul 10 malam, pak dokter melakukan praktik selama ... jam.


5.      Petugas keamanan pabrik mendapat tugas jaga mulai pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi, petugas keamanan bekerja selama ... jam.



2.      Menggunakan Alat Ukur Panjang Baku dan Tidak Baku yang Sering Digunakan.
Menggukur panjang benda dapat dilakukan dengan jengkal dan juga dapat dilakukan dengan penggaris atau meteran.
A.    Membandingkan panjang benda
a.      b.




Pensil a lebih panjang dari pada pensil b
Pensil b lebih pendek dari pada pensil a
a.                         b.
Kayu sama panjang dengan paku.
B.     Alat ukur tidak baku
Untuk menggukur panjang benda kita dapat menggunakan satuan tak baku.
         
a.Jengkal tangan                           
b.      Depa ( dua tangan direntangkan )
c.      Langkah.          
 





Ayo berlatih
1.
                         
Panjang pensil = .......X panjang lidi
2.
Panjang penggaris =.......X panjang lidi
3.
                         
Panjang buku = .......X panjang batang korek api
4.
Panjang kotak = ....... X panjang korek api
B.     Alat ukur baku
Dengan alat ukur baku akan diperoleh hasil pengukuran yang sama
Alat ukur yang dimaksud baku adalah meteran.

a.      Mengenal satuan sentimeter
Gambar diatas merupakan alat ukur baku bagian atas menunjukan sentimeter, bagian bawah menunjukan inchi. Hasil pengikuran kadang tidak kita peroleh bilangan yang tepat. Karena itu diambil bilangan yang terdekat .
Contoh
Panjang lidi ini 5 cm dibaca 5 sentimeter



Penyelesaian
Jadi panjang lidi 5 cm.
b.      Mengenal satuan meter
Jika hasil pengukuran mencapai 100 cm maka setiap 100 cm sama dengan 1 meter kemudian 1 meter ditulis 1 m.
c.      Mengukur panjang benda yang melengkung.
Langkah – langkah mengukur panjang benda yang melengkung
1.      Letakkan sehelai tali diatas benda yang melengkung
2.      Beri tanda hasil pengukuran pada benang
3.      Kemudian ukur tali dengan penggaris.
Contoh soal pengukuran panjang
1.      Manakah yang lebih panjang benda a atau benda b
a.
b.                                                     

2.
Panjang buku tersebut adalah ......cm




3.      Menggunakan Alat Ukur Berat
Kita dapat mengukur berat suatu benda dengan menggunakan ukuran tidak baku dan ukuran baku.
Selain itu kita juga dapat mengukur secara langsung perkiraan berat benda dengan cara menjinjing membawa, memikul atau menimbang dengan kedua tangan , pengukuran berat benda dengan satuan baku dapat dilakukan dengan menggunakan timbangan dan anak timbangan sedangkan dalam pengukuran berat benda dengan satuan tidak baku anak timbangan dapat diganti dengan benda lain misalnya kelereng batu atau benda lainnya

Setiap benda mempunyai berat membandingkan berat benda dengan cara mengangkatnya
Coba perhatikan gambar di bawah:
 










Alex membandingkan berat balon
dengan berat penghapus papan
ia meletakkan kedua benda itu
balon di tangan kanan
dan penghapus di tangan kiri
terasa penghapus papan lebih berat
daripada balon
A.          Membandingkan berat benda
Perhatikan gambar berikut:
Gambar menunjukkan timbangan sederhana
a.            a    b

b.             

Lengan timbangan benda a lebih rendah daripada benda b, artinya benda a lebih berat dari benda b.

b.                        c                                     d



Lengan timbangan buku c lebih tinggi daripada buku d, artinya durian c lebih ringan dari buku d.


c.                        p                                     q
 







Lengan timbangan buku p sama tinggi dengan buku q, artinya apel p sama berat dengan buku q.

B.           Mengukur berat benda
Perhatikan gambar berikut:
1.             
1 spidol sama berat dengan 4 pensil benda yang diukur spidol sedangkan satuan ukurnya adalah pensil. Maka 1 spidol lebih berat dari 1 pensil.


2.           
 






1 buku sama berat dengan 15 pensil benda yang diukur beratnya adalah buku sedangkan satuan ukurnya adalah pensil. Maka sebuah buku lebih berat dari sebuah pensil


4.      Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Berat Benda
Pak simon adalah pedagang buah
ia mempunyai alat timbangan
alat timbangan dilengkapi anak timbangan
anak timbangannya bertuliskan 1 kg dan 1 ons
1 kg dibaca 1 kilogram
setiap 10 ons nilainya
sama dengan 1 kg
atau 10 ons = 1 kg


a).         Menaksir berat benda
Suatu benda yang mempunyai bentuk dan besar sama, pada umumnya berat juga sama.
Contoh:
1.            Jika berat satu cangkir 1 ons maka berat dua cangkir kira kira 1ons + 1 ons = 2 ons
 





2.            Jika berat satu durian 3 kg maka berat dua durian kira-kira 3kg + 3kg= 6 kg
 





Contoh soal:
1.            Jika berat satu pepaya 2 kg
maka berat tiga pepaya kira kira … kg

 


2.            Jika berat satu ikan 2 ons
maka berat empat ikan kira kira … ons
 



3              Jika berat satu kelinci 3 kg
maka enam kelinci beratnya kira kira … kg
 



4.            Jika berat satu durian 3 kg
maka tiga durian beratnya kira kira … kg

 


5.            Jika berat satu burung 5 ons
maka dua burung beratnya kira kira … kg



b).         Alat untuk mengukur berat benda
Ada beberapa macam alat mengukur berat benda.
Pilihlah sesuai benda yang kita ukur beratnya, misalnya:

1.      Timbangan duduk
Digunakan untuk mengukur berat gula
beras daging dan sebagainya.


2.      Timbangan rumah tangga

Digunakan untuk mengukur berat
bahan bahan pembuat kue
atau bumbu bumbu untuk memasak.


3.      Timbangan kwintal

 


Digunakan untuk menimbang
benda benda yang berat
misalnya beras satu karung.


 


4.      Timbangan neraca

Digunakan untuk menimbang benda
ringan misalnya emas obat timbangan
ini lebih teliti dibandingkan
timbangan biasa.




B).        Pembelajaran
Cara pembelajaran untuk Matematika kelas rendah banyak mengambil contoh-contoh yang nyata terkait dengan kehidupan sehari-hari. Guru memberikan contoh-contoh yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh siswa.
1.      Menggunakan alat ukur waktu
a).    Menentukan tanda waktu
Þ          Guru menggunakan alat peraga berupa jam tiruan
Þ          Guru memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian jam
Þ          Guru mencontohkan contoh waktu, misal pukul 01.00. maka jarum panjang di angka 12 dan jarum pendek di angka 1.
b).    Menuliskan tanda waktu
Þ          Guru memberi contoh dengan alat peraga jam, misalnya pukul 02.00 atau pukul 14.00
Þ          Guru menunjuk salah satu siswa dan disuruhnya menyebutkan pukul berapa untuk waktu yang ditunjuk oleh jarum jam.
a).    Menentukan lama waktu
Þ          Guru memberikan contoh konkretnya dalam bentuk kisah cerita, misal: Andi berangkat sekolah pukul 06.30. Lalu ia sampai di sekolah pukul 07.00.
Þ          Kemudian guru memberikan pertanyaan kepada siswa, berapa lama Andi berada di perjalanan
Þ          Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawabnya.

2.      Menggunakan alat ukur panjang
a).    Membandingkan panjang benda
Þ          Guru memberikan contoh bermacam-macam benda serta membedakan panjang diantara keduanya
Misal:
·         Bolpoin dan pensil.
·         Penggaris dan buku
·         Karet penghapus dan pensil
Þ          Guru menunjuk siswa untuk menjawab mana benda yang lebih panjang diantara keduanya
b).    Menentukan alat ukur baku dan tak baku
Þ          Guru memberi contoh untuk untuk masing-masing satuan yaitu satuan baku dan tak baku
Þ          Guru memberikan bukti untuk membedakan satuan baku dan tak baku dengan menyuruh siswa mengukur buku memakai penggaris dan jengkal.
Þ          Dengan demikian siswa paham bahwa satuan jengkal tidak selalu sama sehingga disebut satuan tak baku sementara untuk satuan baku ukurannya selalu tepat

3.      Menggunakan alat ukur berat
a).    Membandingkan berat benda
Þ          Guru memberi contoh dan membedakan kedua benda yang masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda
Contoh:
                                                              i.      Berat buku dan pensil
                                                            ii.      Berat buku dan kapuk            
Þ          Guru menunjuk siswa untuk menyebutkan kedua benda yang masing-masing punya berat yang berbeda
b).    Mengukur berat benda
Þ          Guru menunjuk beberapa siswa untuk diukur beratnya
Þ          Guru menyiapkan alat ukur berat yaitu timbangan berat badan
Þ          Guru melakukan pengukuran berat anak serta memberitahu kepada anak tentang cara membaca nilai yang tertera pada alat ukur tersebut.
4.      Menyelesaikan soal terkait dengan berat benda
a).    Menaksir berat benda
Þ          Guru menyebutkan salah satu benda. Contoh saja buku
Þ          Guru tersebut kemudian mengukur buku tersebut
Þ          Guru memberi contoh untuk mengukur banyak buku tanpa menimbangnya dengan memperhatikan ukuran berat buku tersebut
Misal: 1 buku beratnya 1 ons, maka berat 3 buku maka; 3ons+3 ons+ 3ons = 9 ons
b).    Membedakan macam-macam alat ukur
Þ          Guru menyebutkan dan menerangkan berbagai macam alat ukur berat
Þ          Guru menerangkan berbagai fungsi dari berbagai alat ukur berat tersebut.
Þ          Guru menyebutkan salah satu benda. Misal : telur
Þ          Guru menunjuk siswa untuk menjawab alat ukur apa yang sesuai untuk mengukur  berat telur tersebut





3 komentar:

  1. assalamualaikum
    ka widi widayat saya minta izin untuk copy paste untuk tugas kuliah media pembelajaran :-) mohon diizinkan ka

    BalasHapus
  2. Jika berat beras dalam karung 23kg. Jika ditaksir maka berat beras kira-kira .... Kg. Itu gimana caranya ya ?

    BalasHapus

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com